Aku Bukanlah Usamah



Tempat terbaik untuk melahirkan generasi terbaik.
Umurnya barulah genap 18 tahun saat Rosulullah menunjuknya sebagai panglima tertinggi pasukan yang kelak dengannya, sejarah akan tertulis dengan tinta yang berwarnakan emas.
 Negeri Syam, dibawah kekuasaan Romawi akhirnya bisa dikalahkan oleh pasukan muslimin yang dipimpinnya.
 Usamah bin Zaid putra Zaid bin Haritsah, dialah panglima tertinggi pasukan muslimin yang dengannya pasukan Romawi tunduk, takluk & akhirnya kalah.  Dialah usamah Dan tidaklah Rosulullah memerintahkan atas segala sesuatu dengan hawa nasfunya melainkan dengan ilmu yang Allah wahyukan.
SubhanAllah. Ditangan seorang pemuda yang masih sangat belia pasukan Romawi yang jumlahnya jauh lebih banyak mampu dikalahkan !!.  Menyusul kemudian wilayah-wilayah lain yang jatuh kembali dibawah kepemimpinan islam. Termasuk salah satunya adalah Baitul Maqdis Palestina, kiblat pertama umat islam. Tangguh dan cerdasnya dia dalam memimpin pasukan bukanlah suatu mukjizat dari Allah atau warisan dari sang ayah,  kepribadiannya yang kuat lagi elok nan menawan adalah hasil dari suatu proses yang dia alami dalam setiap detik kehidupanya. Bukanlah hasil instan dari sebuah mantra ABRAKADABRAA.
 Bukan pula sebab semburan jampi-jampi dukun yang menyesatkan.
Subhanallah,  inilah sempurnanya islam dari segala sisi kehidupan yang salah satunya adalah dalam masalah tarbiyat atau pendidikan. Rosulullah telah mengajarkan semuanya, tidak satupun yang lupa atau luput dari beliau sehingga menjadi kurang sempurnanya sebuah risalah. Dan tidaklah suatu kebaikan melainkan telah Rosulullah contohkan dan tidak pula suatu kejelekan kecuali telah beliau larang.
Coba sejenak kita lihat Usamah Bin Zaid, coba sejenak kita berfikir tentangnya, coba sejenak kita merenung apa yang telah dilakukannya… Coba…coba…coba dan terus mencoba !?
Saatnya berfikir apa yang salah dengan dunia pendidikan di negara kita. Saatnya melihat dengan mata dan hati terbuka… dimana?? Pemuda kita saat seusianya (Usamah.red)
Dan saatnya kita renungi… bagaimana dan harus dari mana kita membenahi dunia pendidikan dinegeri kita tercinta Indonesia. Bukankah islam mayoritas pendudukny?? Allohul Musta’an..
 Islam telah mengajarkan semuanya, karena hanya islamlah yang memiliki, kurikulum yang sempurna untuk dijadikan grand design bahan yang akan diajarkan. Sering kita dengar atau baca artikel dari para psikolog di negeri kita bahwasanya masa remaja (usia 12 s/d 21 tahun..) adalah masa labil yang sangat sensitive dan sedang mencari jati dirinya, akan tetapi apakah ini perilaku untuk pemuda islam yang bernama, Usamah bin Zaid putra Zaid bin Haritsah cobalah pikirkan lagi tentangnya, jauh dari semua keburukan itu tentunya.
Dan masihkah kita memandang sebelah mata atau bahkan menutup mata akan sempurnanya KURIKULUM NURBUWAH..?!! bisa jadi masih ada keraguan didalam hati kita tentang sempurnanya islam dengan syariat yang telah difirmankan-Nya

"Pada hari ini telah kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Ku cukupkan kepadamu nikmat Ku dan telah Ku Ridhoi islam itu menjadi agama bagimu….. (Q.S AL MAIDAH : 3)

 Kita hanya bisa memohon ampunan dan hidayah dan taufik Nya atas segala kekeliruan yang kita tahu atau pun dari kesalahan yang sudah menjadi sebuah kebiasaan di lingkungan kita… Astaghfirullah
Sungguh jangankan untuk memimpin sebuah pasukan yang berjumlah ribuan tentara, hanya untuk sekedar memimpin dirinya sendiri pun sangatlah kepayahan (kala tidak mau dibilang TIDAK bisa) untuk remaja di negeri kita pada masa sekarang ini. Masih kah kita yakin tidak ada yang salah atau cuma ada beberapa point saja yang perlu direvisi pada kurikulum pendidikan dinegara kita.
Dan sekarang bukanlah sikap yang elok untuk saling menyalahkan.
 Cobalah!! Dan ini untuk yang kesekian ribu kalinya kita mencoba untuk berbenah jangan pernah berkata lelah!! Karena merasa lelah berarti KALAH!! Cobalah kenali agama kita lebih dekat dan mendalam. InsyaAllah akan kita temukan sempurnanya islam mengajarkan mulailah dari diri kita, ajaklah diri kita. Tidakkah kita tahu.? Apa memang kita baru tahu kalau...

Islam itu lebih indah sari apa yang dibayangkan keindahannya oleh manusia
Islam itu lebih agung dari apa yang dibayangkan keagunganya oleh manusia
Islam itu lebih mulia dari apa yang dibayangkan kemuliaannya oleh manusia
Dan Islam lebih sempurna dari apa yang dibayangkan kesempurnaannya oleh manusia.

bersyukurlah atas islam yang ada pada diri kita dan jadikanlah rumah kita sebagai sebaik-baik tempat untuk melahirkan Usamah - Usamah akhir zaman.  Karena tidak akan berJAYA generasi akhir umat ini kecuali dengan meneladani dengan apa yang ada pada generasi awalnya… dan sekarang masihkah merasa bingung mencari Panduan...??
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar