Ditulis
Oleh YASIR ARAFAT, S.Pd.SD
Pembelajaran
dari waktu ke waktu semakin berkembang,
seiring dengan perkembangan teknologi
saat ini. Berbagai modal, strategi dan media
pembelajaran telah banyak diciptakan guna mendorong proses pembelajaran
saat ini. Namun sangat disayangkan karena perkembangan teknologi yang begitu
pesatnya akhir -akhir ini tidak semua sekolah bisa merasakan manfaat dari
teknologi terkini yang telah ada. Salah satu contohnya adalah di SD Negeri Kalikangkung
02 Kec. Pangkah Kab. Tegal tempat saya berkarya.
Hal
inilah salah satunya yang menyebabkan motivasi
belajar menurun hampir di setiap
harinya. Padahal
motivasi belajar siswa
merupakan salah satu unsur
penting yang tidak dapat di pisahkan dari siswa itu sendiri. Hal ini juga yang terjadi pada kelas yang saya ajar yaitu kelas III di SD Negeri Kalikangkung 02.
penting yang tidak dapat di pisahkan dari siswa itu sendiri. Hal ini juga yang terjadi pada kelas yang saya ajar yaitu kelas III di SD Negeri Kalikangkung 02.
Setelah
berjalan hampir dua bulan diawal tahun pelajaran 2011 / 2012 saya melihat dan mengamati bahwa sebagian
besar motivasi dan antusiasme siswa
didalam proses belajar mengajar menurun karena kejenuhan mereka terhadap
rutinitas belajar yang cenderung apa adanya saja . Melihat situasi dan kondisi
yang seperti ini membuat saya sebagai guru kelasnya yang all day long and standby
mengajar (kecuali mapel agama dan penjas.red) dan tentunya yang mendidik mereka mulai
berfikir bagaimana caranya untuk mengembalikan antusiasme siswa-siswi dan
menjaga motivasi mereka
agar lebih kompetitif berprestasi
di kelas.
Dan
pada akhirnya saya temukan jurus jitu.
Yaitu
starpoint.
Apa
itu starpoint?
Siapa
yang berhak mendapat starpoint?
Yahh
biasanya ditengah proses belajar mengajar saya memberikan pertanyaan yang
terkait dengan materi yang baru saja saya terangkan. Dan jika ada siswa yang
bisa menjawab dengan tepat
dan tentunya yang paling cepat
dia akan mendapatkan satu starpoint.
Starpoint kami simbolkan dengan tanda bintang, dan saya catat dibuku khusus pencapaian starpoint dan dikalkulasi pada akhir semester. Kalaupun nanti
ada
dua atau lebih yang mendapatkan starpoint sama banyak nanti mereka akan diberi soal insidental atau dalam bahasa saya disebut Golden Question dan bagi yang bisa menjawab dengan cepat dan tentunya juga harus tepat dialah yang akan mendapat starpoint dan menjadi sang bintang. Kemudian nama siswa itu akan saya tulis dan di pajang/dipemerkan di Sang Bintang Board.
Alhamdulillah Luar biasa dengan metode sederhana (starpoint) bisa memberi dampak positif yang sangat luar biasa karena bisa mengubah antusiasme dan motivasi belajar siswa. Antara yang satu dengan yang lain saling berkompetisi untuk bisa menjadi yang terbaik. Dan saya sangat bersyukur karena sampai sekarang di akhir tahun pelajaran 2011 / 2012 siswa-siswi saya tetap bersemangat dan semakin antusias dalam proses belajar mengajar dan salah satunya itu karena starpoint.
dua atau lebih yang mendapatkan starpoint sama banyak nanti mereka akan diberi soal insidental atau dalam bahasa saya disebut Golden Question dan bagi yang bisa menjawab dengan cepat dan tentunya juga harus tepat dialah yang akan mendapat starpoint dan menjadi sang bintang. Kemudian nama siswa itu akan saya tulis dan di pajang/dipemerkan di Sang Bintang Board.
Alhamdulillah Luar biasa dengan metode sederhana (starpoint) bisa memberi dampak positif yang sangat luar biasa karena bisa mengubah antusiasme dan motivasi belajar siswa. Antara yang satu dengan yang lain saling berkompetisi untuk bisa menjadi yang terbaik. Dan saya sangat bersyukur karena sampai sekarang di akhir tahun pelajaran 2011 / 2012 siswa-siswi saya tetap bersemangat dan semakin antusias dalam proses belajar mengajar dan salah satunya itu karena starpoint.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian apresiasi bagi
siswa yang aktif mampu meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar siswa yang
berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
bagus👍
BalasHapus