STAR POINT


 Ditulis  Oleh YASIR ARAFAT, S.Pd.SD

Pembelajaran dari waktu ke waktu  semakin berkembang, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Berbagai modal, strategi dan media pembelajaran  telah banyak  diciptakan guna mendorong proses pembelajaran saat ini. Namun sangat disayangkan karena perkembangan teknologi yang begitu pesatnya akhir -akhir ini tidak semua sekolah bisa merasakan manfaat dari teknologi terkini yang telah ada. Salah satu contohnya adalah di SD Negeri Kalikangkung 02 Kec. Pangkah Kab. Tegal tempat saya berkarya.
Hal inilah salah satunya yang menyebabkan motivasi belajar menurun hampir di setiap harinya. Padahal motivasi belajar siswa merupakan salah satu  unsur
penting yang tidak dapat di pisahkan dari siswa  itu sendiri. Hal ini juga yang terjadi pada kelas yang saya ajar yaitu kelas III di SD Negeri Kalikangkung 02.
Setelah berjalan hampir dua bulan diawal tahun pelajaran 2011 / 2012  saya melihat dan mengamati bahwa sebagian besar  motivasi dan antusiasme siswa didalam proses belajar mengajar menurun karena kejenuhan mereka terhadap rutinitas belajar yang cenderung apa adanya saja . Melihat situasi dan kondisi yang seperti ini membuat saya sebagai guru kelasnya yang all day long and standby mengajar (kecuali mapel  agama dan penjas.red) dan tentunya yang mendidik mereka mulai berfikir bagaimana caranya untuk mengembalikan antusiasme siswa-siswi dan menjaga motivasi mereka agar lebih kompetitif berprestasi di kelas.
Dan pada akhirnya saya temukan jurus jitu.
Yaitu starpoint.
Apa itu starpoint?
Siapa yang berhak mendapat starpoint?
Dan apa untungnya kalau mendapatkan starpoint?
Starpoint adalah suatu nilai tambah bagi siswa yang bisa menjadi yang tercepat dan tepat atau yang terbaik diantara siswa lain.
Yahh biasanya ditengah proses belajar mengajar saya memberikan pertanyaan yang terkait dengan materi yang baru saja saya terangkan. Dan jika ada siswa yang bisa menjawab dengan tepat dan tentunya yang paling cepat dia akan mendapatkan satu starpoint.
Dan tentunya pada ulangan harian juga demikian. Bagi siswa yang mendapat nilai tertingi dalam setiap ulangan harian juga akan mendapat starpoint.
Starpoint kami simbolkan dengan tanda bintang, dan saya catat dibuku khusus pencapaian starpoint dan dikalkulasi pada akhir semester. Kalaupun nanti ada
dua atau lebih yang mendapatkan starpoint sama banyak nanti mereka akan diberi soal insidental atau dalam bahasa saya disebut Golden Question dan bagi yang bisa menjawab dengan cepat dan tentunya juga harus tepat dialah yang akan mendapat starpoint dan menjadi sang bintang. Kemudian nama siswa itu akan saya tulis dan di pajang/dipemerkan di Sang Bintang Board.


Alhamdulillah Luar biasa dengan metode sederhana (starpoint) bisa memberi dampak positif yang sangat luar biasa karena bisa mengubah antusiasme dan motivasi belajar siswa. Antara yang satu dengan yang lain saling berkompetisi untuk bisa menjadi yang terbaik. Dan saya sangat bersyukur karena sampai sekarang di akhir tahun pelajaran 2011 / 2012 siswa-siswi  saya tetap bersemangat dan semakin antusias dalam proses belajar mengajar dan salah satunya itu karena starpoint.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian apresiasi bagi siswa yang aktif mampu meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar